Bagaimana cara melakukan proses pemasaran agar penjualan meningkat.



“Meskipun saling terkait antara pemasaran dan penjualan, keduanya tetap tidak sama, Mesipun demikian jangan pernah meninggalkan salah satunya”.

Perlu kita anda ketahui bahwa kegiatan pemasaran itu menargetkan banyak orang,
Sedangka penjualan berkaitan dengan pembeli yang ditargetkan yaitu perseorangan dan kelompok tertentu yang memiliki unsur-unsur tertentu yang sama.

Apa maksudnya, ya pada intinya adalah orang yang akan dan mau membeli.

Jadi pemasaran harus efektif, kalau tidak efektif, maka akan sulit sekali orang itu tahu apa yang kita tawarkan, sehingga penjualanpun akan rendah.

Kalau penjualan rendah, maka peluang bisnis kita sulit untuk bertahan dan berkembang.
Sehingga pemasaran dan penjualan, keduanya sangat-sangat penting.

Pemasaran adalah semua aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari dan meyakinkan calon konsumen agar membeli.

Proses penjualan biasanya melibatkan aktivitas yang membuat para konsumen membeli sebuah produk, menadatangani sebuah kontrak atau kesepakatan atau saling bertukar keuntungan atas apa yang kita tawarkan.

Nah, kemudian...

Bagaimana cara melakukan proses pemasaran...?

Sebenarnya, proses pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Akan tetapi proses tersebut terutama trdiri dari hal-hal berikut:
-       Melihat kebutuhan yang belum terpenuhi, kesenjangan di pasar, sektor pasar baru tempat adanya peluang untuk penawaran baru.

-       Menemukan jenis barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang potensial.

-       Membuat barang atau menyediakan jasa.

-       Menjamin bahwa pemasaran memiliki ciri yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
-       Menentukan harga yang layak, nama yang efektif, kemasan dan merek dagang yang menarik, serta mentukan proposisi yang menarik untuk barang dan jasa.

-       Mengkomunikasikan mengapa para konsumen perlu membelinya (vs kompetisi atau untuk memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah).

-       Menjamin para konsumen tetap loyal, sering menanyak pada meraka mengenai konsep baru atau peningkatan kualitas produk yang telah ada.

Nah jadi itu bisa kita analisis semuanya.

Sedangkan mengenai promosi bisa dilakukan melalui berbagai media, seperti radio, media massa, televisi, telepon seluler, internet.

Promosi juga melibatkan berbagai aktivits seperti periklanan, public relations, dan pemasaran merek dagang.

Semua aktivitas tersebut tidak bersentuhan langsung dengan konsumen.

Hal penting juga mengenai pemasaran yaitu pembuatan sarana prasarana, seperti kemasan yang menarik, brosur atau booklet yang dilakukan sebelum penjualan.

Jadi pemasaran harus efektif dan harus ada jaminan.

Bagaimana cara membuat jaminan pemasaran.


Silahkan baca selanjutnya...

Komentar