“Meskipun saling terkait antara pemasaran dan penjualan, keduanya tetap tidak sama, Mesipun demikian jangan pernah meninggalkan salah satunya”.
Perlu kita anda
ketahui bahwa kegiatan pemasaran itu menargetkan banyak orang,
Sedangka penjualan
berkaitan dengan pembeli yang ditargetkan yaitu perseorangan dan kelompok
tertentu yang memiliki unsur-unsur tertentu yang sama.
Apa maksudnya, ya
pada intinya adalah orang yang akan dan mau membeli.
Jadi pemasaran harus
efektif, kalau tidak efektif, maka akan sulit sekali orang itu tahu apa yang
kita tawarkan, sehingga penjualanpun akan rendah.
Kalau penjualan
rendah, maka peluang bisnis kita sulit untuk bertahan dan berkembang.
Sehingga pemasaran dan
penjualan, keduanya sangat-sangat penting.
Pemasaran adalah
semua aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk mencari dan meyakinkan calon
konsumen agar membeli.
Proses penjualan
biasanya melibatkan aktivitas yang membuat para konsumen membeli sebuah produk,
menadatangani sebuah kontrak atau kesepakatan atau saling bertukar keuntungan
atas apa yang kita tawarkan.
Nah, kemudian...
Bagaimana cara melakukan proses pemasaran...?
Sebenarnya, proses
pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara.
Akan tetapi proses
tersebut terutama trdiri dari hal-hal berikut:
-
Melihat kebutuhan
yang belum terpenuhi, kesenjangan di pasar, sektor pasar baru tempat adanya
peluang untuk penawaran baru.
-
Menemukan jenis
barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang potensial.
-
Membuat barang atau
menyediakan jasa.
-
Menjamin bahwa
pemasaran memiliki ciri yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
-
Menentukan harga
yang layak, nama yang efektif, kemasan dan merek dagang yang menarik, serta
mentukan proposisi yang menarik untuk barang dan jasa.
-
Mengkomunikasikan
mengapa para konsumen perlu membelinya (vs kompetisi atau untuk memenuhi
kebutuhan dan memecahkan masalah).
- Menjamin para konsumen tetap loyal, sering
menanyak pada meraka mengenai konsep baru atau peningkatan kualitas produk yang
telah ada.
Nah jadi itu bisa
kita analisis semuanya.
Sedangkan mengenai
promosi bisa dilakukan melalui berbagai media, seperti radio, media massa,
televisi, telepon seluler, internet.
Promosi juga
melibatkan berbagai aktivits seperti periklanan, public relations, dan
pemasaran merek dagang.
Semua aktivitas
tersebut tidak bersentuhan langsung dengan konsumen.
Hal penting juga
mengenai pemasaran yaitu pembuatan sarana prasarana, seperti kemasan yang
menarik, brosur atau booklet yang dilakukan sebelum penjualan.
Jadi pemasaran harus
efektif dan harus ada jaminan.
Bagaimana cara membuat jaminan pemasaran.
Silahkan baca
selanjutnya...
Komentar
Posting Komentar