Hal penting yang harus kita ingat adalah bahwa:
“orang ingin
membeli, mereka tidak ingin dirugkan”
Jaminan pemasaran,
seperti katalog, website, serta stan dalam sebuah konferensi atau pameran-
dirancang untuk membantu menyebarluaskan informasi mengenai barang atau jasa
yang dijual.
Jaminan pemasaran
tersebut dapat meningkatkan peluang penjualan yang pada akhirnya akan
memberikan pemasukan yang dapat membantu pertumbuhan dan keuntungan bisnis
kita.
Kita harus mengetahui,
apa yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli..?
Mengetahui hal
tersebut dapat membantu kita untuk menentukan strategi komunikasi untuk
meningkatkan penjualan atau membangun loyalitas terhadap merek.
Kita harus
memberikan kesan yang bagus.
Kesan apa yang mau
kita ciptakan untuk para calon konsumen..?
Ini penting..
Kalau kita melihat
berbagai produk, mereka menciptakan kesan masing-masing.
Ada yang memberikan
kesan, eksklusif, kesan mewah, kesan awet dan anti air.
Ada juga yang memberikan
kesan murah, termurah, banyak diskon, banyak hadiahnya, dan masih banyak lagi..
Jadi kita harus
berusha keras menciptakan kesan pertamaseperti yang kita inginkan. Tentu harus
sesuai dengan fakta.
Pesan atau kesan
dalam jaminan pada dasarnya menjelaskan kepada calon konsumen mengenai
keuntungan utama dari barang dan jasa yang kita tawarkan.
Jadi pesan ini harus
bisa menjadi jaminan kepada konsumen saat membeli.
Isi jaminan harus
bisa memotivasi mereka untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.
Bagaimana cara
membuat jaminan yang efektif..
Nah, Kita bisa
membuat dan menyusun jaminan berdasarkan 6 pertanyaan berikut:
Pertanyaan 1 :
apakah kita menjelaskan ciri produk atau jasa yang ditawarkan dengan menyoroti
sifat yang akan menarik perhatian konsumen..?
Pertanyaan 2 :
-
Sudahkan kita
mempresentasikan produk dan layanan kita sedemikian rupa sehingga terlihat
jelas perbedaan antara produk/layanan kita dengan produk/layanan kompetitor..?
-
Sudahkn kita
menyinggung masalah-masalah yang dapat diatasi dengan barang atau jasa yang
kita tawarkan?
- Mengapa calon pembeli membutuhkannya..?
Nah disini harus
detail dan jelas.
Pertanyaan 3 :
- Apakah alat pemasaran kita sesuai dengan
karakter calon konsumen..?
Disini, kita harus
tahu cara bicara dan cara berfikir calon konsumen kita. Kita harus tahu tahu
terlebih dahulu, sehingga kita bisa menyamakan dengan persepsi mereka.
Contoh, sebuah
perusahaan mainan anak yang memasarkan produk melalui katalog untuk anak
berkebutuhan khusus, mungkin perlu membuat jaminan dua versi.
Yakni jaminan untuk
guru dan jaminan untuk orang tua, mungkin juga perlu ditulis dan disertai
gambar yang berbeda-beda meskipun barang yang dijual sama.
Pertanyaan 4 :
-
Apakah jaminan kita
mudah dipahami..?
-
Apakah idenya
tersusun dengan baik dan logis..?
- Apakah ditulis dengan gaya yang ramah dan
netral..?
Pertanyaa 5 :
- Apakah jaminan kita dirancang dengan baik?
Jadi tataletak
jaminan tidak hanya bersifat informatiftetapi juga menarik untuk dilihat.
Mungkin kita bisa
menggunakan bantuan komputer atau bahkan tenaga profesional agar jaminan yang
kita buat terpercaya.
Pertanyaan 6 :
- Dapatkah tim penjualan kita mendistribusikan
alat-alat promosi yang kita miliki dan mengetahui bahwa alat promosi tersebut
dapat menyinggung perasaan para pembeli..?
Jadi keenam (6)
pertanyaan diatas sebagai pedoman saat kita menulis newletter, iklan, situs
pesan pemasaran, ajaminan pendukung dan surat penjualan.
Jadi ingatlah
selalu, pembaca dan pembeli, “mereka tidak mau dirugikan”.
Dengan pedoman
diatas, kita bisa meningkatkan penjualan dan membuat bisnis kita berkembang.
Komentar
Posting Komentar