Dasar-dasar penjualan


Penjualan, selling, marketing merupakan suatu hala yang pokok dalam dunia bisnis. Sehingga sangat penting bagi anda dan siapapun yang bergelut dalam dunia bisnis, khususnya dalam dunia marketing dan pemasaran.
Ada yang perlu diketahui mengenai dasar-dasar penjualan, diantaranya adalah,
Apa hubungan antara penjualan dan pemasaran..?
Baik kita akan bahas lebih jauh menganai hal tersebut.

“Penjualan dan pemasaran bagaikan dua sisi mata uang, keduanya tidak dapat dipisahkan”
Mengapa demikian..?

Sebagian besar mereka yang berwirausaha memiliki pendapa tyang sama mengenai seluk beluk penjualan dan pemasaran serta menganai apa yang membedakan penjualan dari pemasaran.

Pemasaran membuka pintu gerbang yang menghubungkan antara pembeli dan barang atau jasa yang mereka inginkan; penjual memastikan bahwa pembelian terjadi.

Sebenarnya yang lebih penting adalah membahas mengenai apa kaitannya antara penjualan dan pemasaran..?

Apa yang akan terjadi jika salah satu diantara penjualan dan pemasaran tidak ada..?
Perlu kita ketahui bahwa penjualan dan pemasaran merupakan dua elemen yang yang saling mempengaruhi dalam bisnis.

Para petugas pemasaran mengidentifikasi kebutuhan para konsumen yang membuka jalan bagi perusahaan untuk menjual sesuatu demi memenuhi kebutuhan konsumen, dan mencoba memastikan agar para konsumen kembali membeli bahakn membeli dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu, sebagai seorang pengusaha kita harus mengeluarkan uang untuk pemasaran terlebih dahulu sebelum mengeluarkan uang untuk penjualan barang atau jasa.
Dalam istilah bahasa inggrisnya dikenal dengan istilah:
“You have to spend money to make money” (Kita harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang).

Sebuah perusahaan harus menghadapi dilema berkaitan hal tersebut setiap hari.
Sebab pemasaran bukan semata-mata merupakan proses memperkenalkan produk kepada konsumen, tapi juga merupakan sebuah proses awal untuk membangun citra, survei pasar untuk mendukung pengembangan produk dan proses pelaksanaan uji coba.

Oleh karena itu perlu kita ingat bahwa pada saat membuat rencana pemasaran kita perlu mengalokasikan anggaran untuk semua pengeluaran yang diperlukan untuk pemasaran.
Setelah itu baru kita memikirakan biaya penjualan.

Bagaimana cara menjualnya..?

Penjualan dapat dilakukan dengan berbagai cara, beberapa perusahaan memililih penjualan secara langsung yaitu:
Langsung menjual produk atau jasa secara langsung pada konsumen melali sales, toko elektronik atau website.

Ada juga menjual secara tidak langsung yaitu berpartner denga para perantara baik secara nasional maupun internasional yang bertugas melakukan penjualan atas nama mereka.
Perantara tersebut kita kenal dengan nama distributor, wholesalers, representatives (sales reps) atau broker.

Mana yang lebih baik, langsung ataukah tidak langsung..?

Semua itu ditentukan oleh pemasaran yang akan menentukan kesadaran merek (brand awareness), pengenalan merek (brand recognition) dan kepecayaan.

Jika pemasaran dilakukan dengan benar, maka tingkat konversi penjualan akan bisa tinggi.
Jadi intinya, jika perusahaan berhasil dalam penjualan maka perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan, sehingga akan dapat membiayai pemasaran yang lebih luas, serta akan mampu menyokong lebih banyak dana untuk siklus dari keseluruhan proses.

Bagaimana cara melakukan melakukan proses pemasaran sehingga akan meningkatkan hasil penjualan..?

Silahkan baca selanjutnya........

Komentar