Penjualan, selling, marketing merupakan suatu hala yang pokok dalam dunia bisnis. Sehingga sangat penting bagi anda dan siapapun yang bergelut dalam dunia bisnis, khususnya dalam dunia marketing dan pemasaran.
Ada yang perlu
diketahui mengenai dasar-dasar penjualan, diantaranya adalah,
Apa hubungan antara
penjualan dan pemasaran..?
Baik kita akan bahas
lebih jauh menganai hal tersebut.
“Penjualan dan
pemasaran bagaikan dua sisi mata uang, keduanya tidak dapat dipisahkan”
Mengapa demikian..?
Sebagian besar
mereka yang berwirausaha memiliki pendapa tyang sama mengenai seluk beluk
penjualan dan pemasaran serta menganai apa yang membedakan penjualan dari
pemasaran.
Pemasaran membuka
pintu gerbang yang menghubungkan antara pembeli dan barang atau jasa yang
mereka inginkan; penjual memastikan bahwa pembelian terjadi.
Sebenarnya yang
lebih penting adalah membahas mengenai apa kaitannya antara penjualan dan
pemasaran..?
Apa yang akan
terjadi jika salah satu diantara penjualan dan pemasaran tidak ada..?
Perlu kita ketahui
bahwa penjualan dan pemasaran merupakan dua elemen yang yang saling
mempengaruhi dalam bisnis.
Para petugas
pemasaran mengidentifikasi kebutuhan para konsumen yang membuka jalan bagi
perusahaan untuk menjual sesuatu demi memenuhi kebutuhan konsumen, dan mencoba
memastikan agar para konsumen kembali membeli bahakn membeli dalam jumlah
banyak.
Oleh karena itu,
sebagai seorang pengusaha kita harus mengeluarkan uang untuk pemasaran terlebih
dahulu sebelum mengeluarkan uang untuk penjualan barang atau jasa.
Dalam istilah bahasa
inggrisnya dikenal dengan istilah:
“You have to spend
money to make money” (Kita harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang).
Sebuah perusahaan
harus menghadapi dilema berkaitan hal tersebut setiap hari.
Sebab pemasaran
bukan semata-mata merupakan proses memperkenalkan produk kepada konsumen, tapi
juga merupakan sebuah proses awal untuk membangun citra, survei pasar untuk
mendukung pengembangan produk dan proses pelaksanaan uji coba.
Oleh karena itu
perlu kita ingat bahwa pada saat membuat rencana pemasaran kita perlu
mengalokasikan anggaran untuk semua pengeluaran yang diperlukan untuk
pemasaran.
Setelah itu baru
kita memikirakan biaya penjualan.
Bagaimana cara menjualnya..?
Penjualan dapat
dilakukan dengan berbagai cara, beberapa perusahaan memililih penjualan secara
langsung yaitu:
Langsung menjual
produk atau jasa secara langsung pada konsumen melali sales, toko elektronik
atau website.
Ada juga menjual
secara tidak langsung yaitu berpartner denga para perantara baik secara
nasional maupun internasional yang bertugas melakukan penjualan atas nama
mereka.
Perantara tersebut
kita kenal dengan nama distributor, wholesalers, representatives (sales reps)
atau broker.
Mana yang lebih
baik, langsung ataukah tidak langsung..?
Semua itu ditentukan
oleh pemasaran yang akan menentukan kesadaran merek (brand awareness),
pengenalan merek (brand recognition) dan kepecayaan.
Jika pemasaran
dilakukan dengan benar, maka tingkat konversi penjualan akan bisa tinggi.
Jadi intinya, jika
perusahaan berhasil dalam penjualan maka perusahaan akan mendapatkan banyak
keuntungan, sehingga akan dapat membiayai pemasaran yang lebih luas, serta akan
mampu menyokong lebih banyak dana untuk siklus dari keseluruhan proses.
Bagaimana cara
melakukan melakukan proses pemasaran sehingga akan meningkatkan hasil
penjualan..?
Silahkan baca
selanjutnya........
Komentar
Posting Komentar